Minggu, 13 Juli 2014

Tips dan Trik membuat Proposal Kegiatan

Ditulis oleh: Khusnul Ari Mustaqim


Motivasimulyo.wordpress.com




Hai Pembaca! Gimana Kabar Hari ini??
Alhamdulillah gue bisa nulis setelah sekian lama vakum nulis hehe, di kesempatan ini gue bakal share pengalaman gue mendapatkan  dana. Di entri ini, gue akan menceritakan tahapan tips, trik, dan link penting kalau bikin temen temen open minded. Secara khusus, tulisan ini buat kawan kawan yang di Universitas Diponegoro.

Oke gue awali dulu dari Mahasiswa, Mahasiswa terkenal sebagai seorang pelajar dengan intelektual diatas lebih tinggi serta mempunyai semangat berorganisasi yang tinggi, tapi ada juga Mahasiswa yang hanya bertujuan mencari sebuah nilai IPK. Naaaah kamu tipe mahasiswa yang seperti apa kawan ? opps jangan mbahas IPK deh jadi sensi gue ,biasalah anak teknik mesin, Undip lagi hohoho. Gue mau ngebahas mahasiswa yang aktive aja deh. Baik aktive di organisasi, lomba lomba,call of paper, banyak program/project yang pasti UUD(ujung ujungnya dana ). Gue juga mahasiswa lho, jadi ngrasain klo tantangan mahasiswa itu banyak banget.  yang pertama NIAT,kedua LANGKAH MENGAWALI (banyak yang punya konsep,tujuan tak tak berani Action), nah ketiga ini DUIT, dan itu wajar karena kita harus membagi buat makan, bayar tunggakan Kost-an, buat jalan sama pacarnya,dan kongko kongko sama teman. Nah, pertanyaannya gimana sih kita mensukseskan event tanpa harus mengeluarkan isi dompet sendiri ???


Yaps Proposal, Sebenarnya gak cuma kegiatan doang sih yang butuh proposal tapi kehidupan juga butuh proposal kehidupan lho hayoo dah bikin belom? Ok buat kesempatan ini gue mbahas proposal kegiatan aj deh. Gimana sih trik dan tipsnya agar tembus :

1.      Bikin Proposal Seefisien mungkin, bedakan mana proposal buat Universitas, buat Donatur, Buat perusahaan Sposorship.
a.       Buat univ (terutama UNDIP)
 i.      Usahakan ada TTD dari PD3 dan Kajur ya di pengesahanya
ii.      Ada surat resmi (note Perihalnya :Permohonan Dana, Bukan Sposorship) , tunggu aja ya tulisan untuk pengajuan ke UNDIPnya J
b.      Buat Donasi
 i.      Minta TTD di pengesahannya PD3 dan PR3 (masuk aja rektorat UNDIP belok kiri ketemu Sekretarisnya(namanya bu Mirna) dan tinggal aja,follow up-innya 1-2 harinya)
ii.      Surat resminya dari Fakultas yang di TTD Ketua pelaksanaan dan PD3 yang mengetahui ya
c.       Buat Perusahaan calon Sponsor
 i.      Buat proposal Semenarik mungkin dan Gak usah detail (to the Point aj Ok)
1.      Proposalnya Bermutu, Menjual, elegan dan suported
2.      Penawaran kerja samanya menarik dan Saling menguntungkan. download aja di sini :
3.      Wajib ada nomer Surat dan usahakan TTD dari Rektorat
ii.      Siapkan properties Kertas yang banyak, File,Printer dan penjilidan proposal dan yang tidak kalah pentingnya SIAPKAN MENTAL untuk mengawalinya
iii.      Bikin daftar list perusahaan Sasaran
iv.      Cari relasi orang dalamnya
Ini lumayan penting untuk mempermulus jalanya proposal kawan kawan.cari refrensi orang dalamnya itu dari Teman, Keluarga, Dosen, Relasi Univ dll
v.      Siapkan Presentasi jika sewaktu waktu di panggil di sebuah perusahaan seperti BI, Pertamina dll.

NO
NAMA LENGKAP
ALAMAT TEMPAT TINGGAL
NAMA INSTANSI
ALAMAT INSTANSI
NO. HP
PENGHUBUNG

Ok Persiapan gue kira cukup tinggal Eksekusi gmana prosedurnya :

1.      Juallah proposalmu!!
1. Menghubungi orang yang bersangkutang di persahaan yang kita tuju dengan email atau telp.
·         Menyerahkan Proposal (max H-40 harian) dan Overview isi proposal. Jangan menitipkan proposal ke orang yang salah seperti Satpam ,OB karna di pastikan tidak akan sampai,kalaupun sampai di anggap gk ada keseriusan dan di cuekin sajakarena banyak proposal juga yang antri. jika di titipkan di bagian administrasi,mintalah surat tanda terima
·         Janji ketemuan / minta jadwal presentasi detail kegiatan.
·         Bagi perusahaan yang tidak  ada Cpnya ada ,di telp receptionisnya –sambungkan ke pimpinan(karena pimpinan yang menentukan) atau kalo tidak di bagian external,kepala Humas atau Marketingnya. Jelaskan dari mana anda dan jelaskan programnya kemudian tanya pengarahan atau minta ketemuan.

2.      Tepati Janji, Komunikasi dan jaga Penampilan!!
·         Datang sesuai janji.
·         Buat suasana mencair dulu baru ke point proposal kita
·         Presentasi yang komunikatif dan elegan(posisikan diri kita sama dengan mereka)
·         Bawa Proposalnya,jika tidak bisa di tanyangkan pakai LCD proyektor
·         Jelaskan detail tawaran kerja sama yang kita tawaran
·         Mintalah tanggapan ,saran, minta waktu untuk konfirmasi dan prosedurnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar