Minggu, 23 November 2014

Butuh Bantuan Dana? Bikin Proposal Aja! Gini Caranya!

Saya mengerti mengapa Sobat masih mau membaca paragraf ini setelah membaca judulnya. Saya mengalaminya bertahun-tahun saat menjadi mahasiswa. Hahaha. Dunia ini memang tidak adil, Sob.

Masalah ini semakin krusial di kalangan mahasiswa kampus negeri. Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan pembantu rektor II yaitu Pak Chabahib untuk sekadar silaturrahmi. Beliau bercerita (sebagian dari curcol) bahwa beliau terpaksa menghapus beberapa pos anggaran dalam dana hibah. Katanya, pemerintah tidak lagi mengatur perihal pos hibah, sehingga pencairan dana untuk kegiatan prestasi mahasiswa menjadi bias dengan tuduhan korupsi (karena tidak ada posnya itu tadi). Implikasinya, selama beberapa lama ke depan kita harus menelan ludah kalau proposal dana ke kampus ditolak. Hal kedua yang perlu kita pahami adalah bahwa karena kampus kita sudah menggunakan uang kuliah tunggal, aliran kas ke kampus di tahun awal-awal ini (2014) tak seperti tahun sebelumnya.

Saya sendiri sempat dongkol dalam hati waktu membandingkan sulitnya saya mendapatkan dukungan dari kampus Undip dibanding dengan seorang teman lainnya di salah satu universitas swasta di Semarang. Mereka mendapatkan amat banyak kemudahan (termasuk diuruskan visa dan paspornya. [ih...])--selalu dianakemaskan oleh kampus mereka. Teman saya di kampus tersebut yang mendapat satu prestasi internasional (yang menurut penilaian saya nggak heboh-heboh amat gengsi acaranya), misalnya, bisa dijadikan model iklan dan mejeng di billboard di pusat kota. Segitunya yaaa ... Tapi, saya juga berprasangka baik: oh, saya beruntung ada di kampus yang banyak mahasiswa berprestasinya, karena itulah saya bisa berprestasi; oh, mungkin Undip tidak lagi harus mengurus saya dengan sedetail itu karena saya dianggap mandiri; oh, karena kuliah saya disubsidi dari uang rakyat, makanya saya harus tau diri.

Lalu, apa jalan keluarnya? Jalan keluarnya adalah dengan mencari dana ke luar kampus. Berprestasi di kancah internasional tidaklah harus di luar negeri. Internasional itu tingkatnya, bukan tempatnya. Nah, di sini, saya akan sedikit bercerita tentang membuat proposal sponsorship untuk program yang ke luar negeri. Ini adalah pilihan terakhir kalau kita mau berprestasi internasional (dan harus ke luar negeri) tapi belum ada dukungan finansial.


Jenis Proposal
Perbedaan umum antara membuat proposal sponsorship ke kampus (universitas/fakultas) dan perusahaan:
  1. Kalau mengirim proposal ke kampus, biasanya tidak menggunakan kata "sponsorship" dalam proposal
  2. Kalau mengirim proposal ke kampus, tidak perlu formulir pendanaan
  3. Kalau mengirim proposal ke kampus, kontraprestasi tidak rumit
  4. Kesulitan birokrasi segambreng tergantung fakultas, yaaa... Hehehe...
Menyusun proposal pendanaan
Berikut ini adalah template proposal pendanaan yang bisa kamu contoh. Tips lainnya: buat yang menarik, ukuran kertas tidak harus A4 atau F4 yang penting mudah digenggam, tidak lebih dari 8 halaman, berwarna, dijilid dengan menggunakan jilid ring besi, membuat CD interaktif.


Menyiapkan kelengkapan dokumen
Tentu saja sebenarnya proposal dan kelengkapan dokumennya bergantung dari kebutuhannya kegiatan kita. Namun secara umum, 8 berkas ini akan ada untuk satu kegiatan.
  1. Satu bendel proposal (klik di sini untuk unduk contoh proposal)
  2. Letter of Acceptance atau Invitation Letter (lampiran proposal)
  3. Abstract of Paper atau project Description (lampiran proposal, jika perlu)
  4. Curriculum Vitae  (lampiran proposal)
  5. Formulir partisipasi (lampiran proposal; klik di sini untuk contoh)
  6. Surat permohonan bantuan dana (lampiran proposal; di sini untuk contoh)
  7. Formulir tanda terima (di dalam proposal; klik di sini untuk contoh)
  8. Surat rekomendasi (jika perlu)
Oke, semua kelengkapan dokumen itu bisa dilihat di sini.

Alamat dan kotak institusi
Ada banyak sekali institusi yang mau memberipakn kucuran dana asalkan apa yang mereka butuhkan sesuai dengan apa yang kita tawarkan. Yah, macam ekonomi saja: demand bertemu supply. Daftar semua alamat dan kontak perusahaan bisa dilihat di sini. Nah, untuk mahasiswa Undip, coba usahakan menargetkan perusahaan-perusahaan yang sudah 'kenal' dengan Undip. Cari perusahaannya bisa di BAK Undip. Selain itu, bisa juga dengan kirim ke International Office yang ada di Undip (bisa IO Undip, IO fakultas masing-masing).

Jika perlu, gunakan terjemahkan semua dokumen dalam bahasa Inggris
Sebagai cadangan, ada baiknya bila kita punya satu jenis proposal lain yang ditulis dalam bahasa Inggris. Hanya gunakan bahasa Inggris akademik/formal/written dalam membuat proposal! Proposal bisa diajukan kepada perusahaan-perusahaan besar seperti MNC yang masih berhubungan dengan program kita. Tapi ingat jangan asal juga saat melakukan translasi. Lebih baik gunakan jasa translasi yang sudah diyakini mengerti bahasa Inggris formal. Di Undip yang sudah lama terkenal adalah Backspace Translation. Jasa penerjemah, penyunting, dan pemeriksa ini didirikan oleh lulusan-lulusan terbaik dan x-mahasiswa program Student Exchange. Cek websitenya Backspace Translation di sini.

Bertandang dan follow up 
Ingat, pada dasarnya mencari sponsorship adalah sebuah kegiatan selling. Selling adalah tombak utama dari marketing. Jadi, belajarlah cara "menjual diri" pada kampus atau perusahaan. Apa saja yang bisa dijual?
  1. Prestasi.
  2. Diri yang ditunjukkan oleh sikap tubuh, sikap bicara, sikap profesional dan mawas diri yang ditunjukkan saat bertemu dengan perusahaan. Jangan kaku, hormati yang lebih tua (kalau perlu cium tangan saat bertemu)
  3. Kontraprestasi yang ditawarkan dalam proposal. Bisa berupa penyebutan di media, logo dalam spanduk yang dibawa saat kegiatan, logo dalam pakaian, logo di tas, pin, menjual produk di LN, dll.
Nah, berikut ini akan saya ceritakan langkah rincinya. Pengalaman ini berdasarkan pengalaman permohonan dana saya ke Bank Mandiri KC Pemuda Semarang.
  1. Sediakan waktu setidaknya 3 bulan untuk mempersiapkan. Kalau mendadak, jarang ada yang mau
  2. Dari kosan/rumah, siapkan sebuah map yang bagus dan bawa semua dokumen, jangan lupa dirangkap.
  3. Dandan yang rapi dan profesional. Walaupun masih mahasiswa, usahakan dandan seformal mungkin. Perhatikan rambut/kerudung yang sederhana, kemeja yang dipakai, celana/rok sampai ke sepatu. 
  4. Berdo'a supaya tenang dan terus perhatikan tata laku yang sopan, santun, bersahabat, bersemangat.
  5. Datangi institusinya dan lapor ke satpam depan dan minta informasi untuk memasukkan proposal ke loket surat 
  6. Nanti, akan diantar ke meja satpam dan di sana akan diberi surat memo masuknya proposal
  7. Adapun kita juga harus memberikan formulir tanda terima, minta diisi oleh petugas. Bagian atas untuk petugasnya dan bagian bawah untuk kita. Kalau bisa minta CP petugasnya dan tanggal untuk follow up
  8. Setelah itu, kita tinggal menunggu proposal kita masuk ke kepala bagian untuk diproses.
  9. Di hari yang telah ditentukan (saat poin 6), jangan lupa untuk menghubungi instansi terkait melalui telfon terlebih dahulu. Tapi, jangan lakukan follow up melalui telfon. Itu sangat tidak sopan, kecuali petugasnya sendiri yang menolak.
  10. Kita akan datang ke instansi terkait untuk melakukan deal sesuai dengan jadwal yang telah diatur dalam telfon
  11. Lakukan kembali poin 1, 2, 3
  12. Deal dapat dilakukan berdasarkan keputusan pribadi kita masing-masing. Apa yang kita tawarkan harus sebanding dengan harga yang berani mereka bayar
  13. Tanda tangan formulir partisipasi. Jangan lupa minta cap dari instansinya (Untuk tahap ini, dari kampus, maka akan diberi surat perjalanan dinas)
  14. Terus lakukan kontak dengan key person
  15. Berangkat dan lakukan apa yang sudah di-deal-kan
  16. Buat laporan perjalan. Contoh laporan perjalannya saya dapat dari blog kak Mutiara Fadjar.
  17. Kembali ke instansi terkait untuk memberikan laporan
  18. Selesai
Kiranya sekian dan terima kasih!https://backspacetranslation.com/

32 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. salam,
    Terima kasih telah berbagi pengalaman dan informasi ini kak. Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat bagi diri saya pribadi.
    kak, mau tanya nih.
    apa boleh di share juga proposal sponsorship kk yang pernah kk ajukan ke instansi? soalnya saya lagi butuh :D, krn insyaAllah akan ke singapura pada Agustus nanti. Jadi perlu contoh proposal sponsorshipnya :D
    Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Riki! Mohon maaf karena kami baru menemukan komentar ini di bulan September. Aku harap kamu sudah terbang ke Singapore. Kami bisa mengunjungi halaman download di pojok kiri atas dari website ini untuk mendapatkan template proposal yang kami buat.

      Salam.

      Hapus
  3. Thanks for sharing it to us ^_^

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. hallo admin...

    saya didi dari mahasiswa undip
    saya mau menanyakan untuk sekarang berarti tidak ada harapan untuk dapat dana dari univ yah ?

    kemudian saya berencana mengikuti acara di USA , kira kira dulu tempat yang insyaallah bisa memberikan dana dimana dulu waktu penulis apply?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Minta bantuan untuk buat proposal dan konsep MnG,nanti sya kasih fee deh,klo mau langsung dm ke ig @stars.organizer

    BalasHapus
  8. Minta bantuan untuk buat proposal dan konsep MnG,nanti sya kasih fee deh,klo mau langsung dm ke ig @stars.organizer

    BalasHapus
  9. thanks before sahabat, ini persis sekali sama yang ada di you can acara ASEAN YOUTH CULTURAL EXPOSURE 2017

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Kak mau tanya, kalau misal kita mau internship di luar negeri. Pasti butuh dana yang cukup banyak, apakah bisa kita cari sponsor hanya untuk magang? Mohon bantuannya kak :)

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. bener2 bantu kaa, makasih ya semoga ilmu kakak barokah

    BalasHapus
  14. Kalau mau buat proposal bantuan untuk panti asuhan bisa nga/ ada jalur nga keluar negri .

    BalasHapus
  15. Halo,
    Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Jane Alison, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  16. Selamat sore...
    Saya seorang mahasiswa dan kader organisasi Kedaerahan di salah satu kota pendidikan di Indonesia yaituh Kota Malang..
    Sejauh ini selama perjalanan organisasi kami selalu mendapat kesulitan dalam dana kegiatan..
    Jika ada yang berkenan menyumbangkan kekayaannya untuk kami pergunakan dalam menjalani roda organisasi bisa hubungi saya

    BalasHapus
  17. BERITA BAGUS UNTUK ANDA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus

  18. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.
    .

    BalasHapus
  19. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  20. Saya pengen punya usaha dan butuh modal kira 2 bisa minta bantuan??

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum kak mau bertanya apakah KC perbankan syariah di surabaya memungkinkan menerima proposal kita? sedangkan itu hanya kantor cabang nya saja bukan di pusat seperti di jakarta

    BalasHapus
  22. Saya akan selalu setuju untuk bersaksi tentang hal-hal baik yang telah dia lakukan untuk saya. Sudah dua bulan sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Kantor Pinjaman Sharon Scott dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Ibu Sharon bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelum saya memohon ibu saya bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh Pemerintah dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya mudah dicapai. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms.Sharon dan tim Manajemen SHARON SCOTT LOAN FIRM telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman SHARON hari ini
    e_mail: [sharonscottloanfirm007@gmail.com]

    BalasHapus
  23. selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (312) 8721- 592

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus transfer dulu ya untuk biaya lisensi.

      Hapus
  24. Kabar baik  Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  25. Anda dipersilakan untuk "AULIA CONSULT" kami adalah perusahaan pinjaman baru yang didukung oleh BANK DUNIA yang didirikan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kebutuhan bantuan di dunia, melalui bantuan keuangan. karena tingginya aktivitas penipuan yang terjadi di Indonesia, Jadi Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda meminta hipotek untuk meminta pinjaman Anda atau membayar tagihan Anda, mulailah perdagangan yang baik, atau Anda dapat menemukan uang untuk mendapatkan modal hipotek dari bank lokal, kami adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman tidak berguna untuk individu yang tertarik dan serius, perusahaan, badan hukum dan orang awam dengan tingkat keuntungan 2%.

    Kami memiliki akses ke koleksi pembayaran untuk perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis. Kami percaya bahwa kebajikan dan kenyamanan Anda adalah prioritas optimal kami, kami dapat berada di sini untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman dan kami datang untuk membantu Orang Baik INDONESIA di negara saya. dan pastikan Anda orang Indonesia sebelum Anda menghubungi kami, INDONESIA SAJA !!!

    CATATAN (NB); JANGAN MENGHUBUNGI KAMI JIKA ANDA TIDAK SERIUS !!!

    Surel; (auliafadhlan6@gmail.com)

    Layanan kami meliputi:

    Membayar Utang
    Pinjaman Komersial
    Pinjaman Pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk Pertanian
    Modal Ventura
    Dan lagi

    PINJAMAN KARYAWAN (NB);
    Setelah merekomendasikan aplikasi pinjaman, Anda dapat mengharapkan respons awal dalam waktu kurang dari 1 jam dan membiayai dalam waktu 24-96 jam setelah menerima pemberitahuan yang kami butuhkan.

    Surel; auliafadhlan6@gmail.com
    WhatsApp: (+12342018860)

    BalasHapus
  26. My name is Reni Alida, I want to use this media to remind all loan seekers to be very carefull/vigilant, because there are frauds and fake loan company everywhere, they will send fake loan agreement documents to you and they will say there are no payments upfront, but they are fraudstarts, because they will then ask for payment of license fees and transfer fees, so be careful of those fraudulent Loan Companies.

    A few months ago I was financially tense and desperate, I was tricked by several online loan company. I almost lost hope until God used my friend who referred me to a very reliable lender called Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, who lent me an unsecured loan of Rp.600,000,00 (600 thousand) in less than 24 hours and the interest rate was only 2% .

    I was very surprised when I checked my bank account balance and found that the amount I applied was sent directly to my bank account without delay.

    Because I promise that I will share the good news, so that people can get loans easily without stress. So, if you need any loan,do not hesitate please contact her via real email: Elizebethisaacloancompany@gmail.com and by God's grace she will never let you down in getting a loan if you obey her terms and condition.

    You can also contact me at my email: renialida@gmail.com. All I will do is try to fulfill my loan payments that I send directly to their accounts monthly.

    BalasHapus
  27. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  28. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  29. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih bisa menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

    BalasHapus