Jumat, 28 November 2014

Mencari Passion di AIESEC




Hola teman-teman! :D 

Perkenalkan nama aku Agie! Saat ini aku masih belajar di Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Perpajakan 2012. Anywayyy, akhirnya ketemu juga tempat yang asik secara independent bagi aku untuk menulis dan mengispirasi sesama generasi muda :D
Nah tulisan yang aku posting di Jendela Undip ini cukup menarik untuk dibaca apa lagi bagi kamu mahasiswa baru yang sedang dalam proses pencarian minat dan bakal!

Singkat cerita nih, awal kuliah dulu sempet bingung banget kalo udah ditanya temen kayak begini, “Eh gi! Kamu tuh passion-nya apa sih?” atau “kamu itu tau gk sih gi, passion kamu apa?” ZzzZz ….. jelas dong mahasiswa baru kayak aku belum tau betul sebenernya passion aku itu apa dan bahkan untuk tau apa sebenarnya makna kata passion sendiri pun, aku belum ngerti sama sekali. Naahh, mungkin pertanyaan ini  juga pernah kalian rasakan bukan?

Sebelum aku certain gimana sih, cara aku bisa menemukan passion aku itu apa? Kali ini aku bakal ajak kalian mengenal sedikit lebih jauh diri aku diawal perkuliahan dulu sampai aku yang sekarang dan yang akan datang.

Awal perkuliahan di semester awal bagi aku adalah fase dimana aku gunakan untuk beradaptasi, karena pada dasarnya waktu di awal perantauan aku itu orang yang kurang bisa untuk bergaul dengan orang baru. Hehehe :D Mungkin karena sewaktu di Lampung dulu lingkungan bermainku tidak seluas di Semarang, dimana disini banyak orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Pemalu,minder dan kurang percaya diri adalah aku diawal perkuliahan tepatnya disemester awal hihihi ada satu moment dimana aku memutuskan untuk berubah 360%, mau tau apa?? Kejadianya cukup simple, dimana pada saat itu aku hadir disalah satu acara kumpul komunitas yang diadakan oleh AIESEC Undip yang dinamakan YouthTalk, mungkin teman-teman udah sedikit tau tentang YouthTalk yang di adakan rutin oleh AIESEC Undip sebagai wadah berbagi pengalaman dan ide dari  anak muda Semarang.

Asia Pasific Leaders Summit

Yap! Konten dalam YouthTalk pada waktu itu benar benar menampar aku sebagai generasi muda! Mengangkat issue youth change maker, di sana aku banyak melihat anak muda yang telah melakukan perubahan bagi lingkungan mereka. Sedangkan aku masih duduk santai, menjadi seorang penonton dan penikmat dari sebuah perubahan besar yang dilakukan oleh sesama anak muda seumuran aku. Nahh malu gk tuh? 

Hal ini menjadi titik balik bagi untuk aku memutuskan menjadi pribadi yang tidak pemalu, tidak lagi minder dan mulai untuk percaya diri! Yes :D Dalam hal ini kepekaan untuk merasakan titik balik dari perubahan sangat di butuhkan. Simple, peka!

Aku putuskan untuk aktif disebuah organisasi diawal perkuliahan semester satu sebagai wadah bagi aku untuk dapat melatih menejemen dan pengembangan diri hehe. Pada saat itu, aku putuskan untuk hanya aktif di satu organisasi dulu, karena saat itu aku belum pintar dalam urusan ngatur waktu antara akademik  dan non-akademik :D Di awal perkuliahan, organisasi yang aku ikuti adalah AIESEC. anyway percaya atau tidak organisasi kepemimpinan yang terdapat di 125 Negara ini membantu aku banget untuk menemukan passion aku dan bagaimana aku bisa menciptakan value atau nilai lebih dari diri aku :D 

Banyak banget pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang aku dapat di luar aktivitas perkuliahan ketika aktif di AIESEC Undip. baik kemampuan kepemimpinan untuk memimpin sebuah project atau team, kemampuan bergaul dan berbahasa asing yang lebih luas serta cara berfikir yang lebih global.
Awal mengikuti aktivitas di AIESEC aku dialokasikan ke department Business Development, nahh business development ini adalah sebuah department yang kegiatannya untuk mencari sponsor guna mendanai project sosial yang dibuat oleh AIESEC Undip. aku memang sengaja untuk masuk ke department ini, karena aku rasa memang cocok dengan fakultasku yaitu ekonomi dan bisnis :D kemampuan berbicara depan umum, bernegosiasi dan meyakinkan orang lain berkembang disini. Perlahan tapi pasti aku udah gak minder dong, udah percaya diri dan malah bisa meyakinkan orang lain karena pengalaman marketing ke perusahaan.

Merasa tertarik dan tertantang dengan ilmu pemasaran, saat itu aku memberanikan diri untuk pindah ke department lain yang pada saat itu seperti taman bermain baru bagi aku! hehe Yaitu departemen komunikasi. Kalooo yang ini beda dengan Business Development walaupun ada aktivitas marketingnya juga, department komunikasi ini melakukan fungsi soft marketing dan public relation di mana kita melakukan kegiatan kampanye di media sosial tentang program AIESEC dan brand activation seperti event YouthTalk. Menjabat sebagai manager di department ini khususnya di bagian brand management meningkatkan kemampuan aku dalam pemasaran tentunya, khususnya dalam hal pengembangan produk, segmentasi pasar dan memanfaatkan relasi untuk meningkatkan brand AIESEC Undip! :D Perlahan tapi pasti! Agie yang dulu yang cuman bisanya duduk santai, sekarang udah bisa berbuat sesuatu paling tidak melakukan perubahan besar dalam diri nya sendiri.


Hampir 3 tahun aku aktif berorganisasi di AIESEC. Mulai dari jadi staff, Panitia project, Manager di dalam department dan sekarang menjabatan sebagai President divisi program marketing untuk tahun jabatan 2014-2015 di AIESEC Undip.

Tentu bukan hal yang muda bagi aku untuk bisa ada di posisi sekarang dengan diri aku yang baru. Butuh banyak perjuangan, kerja keras, mental dan tekad yang kuat untuk bisa berubah jadi Agie yang lebih baik tentunya. Pengalaman dan proses belajar di AIESEC membantu dalam menentukan dan memilih apa sebenarnya passion aku. 

Bisa dibilang dalam menemukan sebuah passion kita harus deal dengan proses, menikmatinya mencoba hal baru dan mengembangkan sesuatu yang kita suka tanpa merasa lelah merupakan sebuah proses bagaimana kita dapat tau apa sebenarnya passion kita :D

Another shot, when the others have a roll dance!!!

Next stage! Ketika kamu udah tau apa passion kamu, ini moment yang tepat untuk menjawab pertanyaan tentang “Siapa sih diri kamu sebenarnya?”. Hal ini pun aku lakukan ketika aku udah tau bahwa pemasaran merupakan hal yang aku suka dan minati, sehingga mudah bagi aku untuk berkata bahwa aku adalah seorang marketer hebat dimasa depan!

Simple, berani dan penuh keyakinan adalah cara bagi aku untuk menentukan mimpiku.

Itu dia singkat cerita pengalaman aku bagaimana menjawab dan menemukan apa passion aku di usia 20an saat ini Cobalah untuk peka, berani untuk mencoba hal baru, berfikir berbeda dan menikmati proses merupakan pesan dari aku untuk teman-teman pembaca Jendela Undip yang sedang menjawab pertanyaan “apa sihh passion kamu?!”. Hehehe.

Good luck everyone, terima kasih sudah membaca :D
 
Aku tunggu cerita kamu!

2 komentar:

  1. Kak saya mahasiswa baru undip juga, saya mau tanya2 beberapa hal secara personal kak. Gimana ya biar saya bisa menghubungi kakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Adry, kamu bisa kontak aku via facebook di Muhammad Ghifari Ismail .. maaf baru sempat balas pesan kamu ya , aku baru dapat foward komentarnya dari tim Jendela Undip juga :)

      Hapus