Sabtu, 22 November 2014

Youth Camp for Asia’s Future 2014

Ditulis oleh: Isna Armawati


Youth Camp for Asia’s Future 2014 merupakan salah satu event yang memberikan kesempatan bagi golongan muda khususnya mahasiswa di benua Asia untuk berpartisipasi secara langsung dalam penggerak agen perubahan. Objektif dari program ini adalah “Providing the opportunities to enhance understanding and future-oriented Mutual Corporation through interaction and train next generation global leaders by inviting youths who will lead the future of Asia”. Intinya, program ini menyediakan peluang untuk menambah kesepahaman dan kerjasama melalui interaksi serta mempersiapkan golongan  muda menjadi pemimpin masa depan yang akan memimpin Asia.  Acara ini merupakan program dari Ministry of Gender Equality and Family, Korea (MOGEF), didukung oleh National Council of Youth Organizations in Korea (NCYOK) serta Kedutaan Korea Selatan di beberapa negara Asia yang terpilih.
Acara yang digelar setiap tahun di Korea Selatan ini merupakan acara yang berperstige bagi golongan muda. Pada tahun 2014, dialokasikan untuk jumlah peserta dan panitia sebanyak 119 orang yang terdiri dari 24 negara. Dari setiap negara dipilih 7 delegasi untuk berperan aktif selama program berlangsung. Pada acara tersebut delegasi berpeluang untuk mengutarakan ide-ide kreatif dalam konferensi Hallyu Wave, peningkatan leadership, pertukaran kebudayaan melalui presentasi makanan dan pakaian tradisional dari daerah masing-masing, kuliah umum, missions team hingga tampil di panggung terbuka untuk konser KPOP. Program ini juga difasilitasi dengan berbagai benefit. Delegasi terpilih diberikan tiket pesawat pulang-pergi dari Jakarta-Incheon secara gratis, tempat tinggal, transportasi, serta uang saku ketika free time. Berikut merupakan deskripsi program Youth Camp for Asia’s Future 2014:
Project Outline
Project Name   : Youth Camp for Asia’s Future 2014
Slogan              : Asian Youth! Start a New Innovative Era
Period              : 7th – 19th August 2014 ( 12 nights 13 days)
Venue              : Seoul (Sangam Stanford Hotel/International Youth Center)
                          Jeonju (National Youth Agricultural and Life Center)
                          Jeju Island (Wonder Resort)
Participant        : 119 persons from 24 countries

Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat pada link berikut:

DESKRIPSI KEGIATAN
Persiapan Acara
Persiapan dilakukan sejak pengumuman diterima dari NYCOK dan kedutaan besar Korea Selatan terkait terpilihnya delegasi untuk mengikuti acara ini. Delegasi segera ke Jakarta untuk mengurus pembuatan Visa dan bertemu dengan enam delegasi lain. Karena program ini merupakan undangan secara langsung dari Kedutaan Korea Selatan, maka delegasi dibebaskan dari biaya pembuatan visa dan hanya dibutuhkan waktu yang singkat untuk mendapatkannya. Setelah dilakukan pembuatan visa, delegasi berkesempatan untuk bertemu dengan duta besar Korea Selatan secara langsung dan berdiskusi mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama mengikuti Youth Camp nanti.


Delegasi Indonesia bersama duta besar Korea Selatan di Indonesia

Pelaksanaan
Berikut merupakan gambaran umum dari rangkaian acara tersebut:
Acara pada hari pertama, 7 Agustus 2014
Acara di hari pertama yaitu delegasi tiba di Incheon International Airport dan di jemput oleh Buddy untuk dibawa ke Stanford Hotel . Delegasi melakukan registrasi mengenai kehadiran dalam program acara. Pada malam hari dilakukan ice breaking untuk mengenal delegasi lain dan saling berinteraksi mengenai kesepahaman selama program tersebut berlangsung.
Acara pada hari kedua, 8 Agustus 2014
Hari kedua berlangsung di AW Convention Center, di tempat tersebut berlangsung Special Lecture oleh mantan anggota boyband  Korea yaitu Alexander dari U-KISS. Kemudian dilakukan Opening ceremony dan welcoming luncheon. Pada malam harinya, delegasi mengikuti konferensi mengenai Hallyu Wave, pada konferensi tersebut tiap delegasi dituntut untuk aktif berdiskusi mengenai penyebaran Hallyu Wave di negara masing-masing.
Acara pada hari ketiga, 9 Agustus 2014
Pada hari ketiga semua delegasi dan staff berpindah dari Seoul ke Jeonju untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Jeonju merupakan salah satu tempat di Korea Selatan yang terkenal dengan wisata kulinernya. Salah satu makanan yang terkenal yaitu Bibimbab berasal dari daerah ini. Delegasi tinggal di Jean’s Hotel dan pada tempat ini delegasi Indonesia ditempatkan satu kamar dengan delegasi dari Cambodia. Pada sore hari, delegasi mendatangi Hanok Live Experience Hall untuk membuat Tteokpokki. Pada malam hari delegasi melakukan latihan untuk K-pop Summer Concert.
Acara pada hari keempat, 10 Agustus 2014
Pada hari tersebut delegasi melakukan team mission di Jeonju Hanok Village yaitu untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu. Pada team ini terdiri dari 10 orang delegasi dari berbagai negara di Asia. Pada siang hari, dilakukan acara pembuatan kipas dan farming festival experience. Pada malam hari, diadakan Asian Dessert Festival untuk mengenalkan makanan ringan tradisional dari negara masing-masing dan di presentasikan kepada delegasi lain. Pada kesempatan ini delegasi dari Indonesia membawa makanan ringan berupa carica, kripik jamur, basreng, bakpia dan dodol.
Acara pada hari kelima, 11 Agustus 2014
Pada hari kelima delegasi berpindah ke Jeju Island dengan menaiki pesawat Asiana Air dari Gwangju Airport. Di Jeju, delegasi tinggal di Jeju POL-A Resort dan delegasi ditempatkan di kamar yang berbeda untuk berbaur dengan delegasi lain.
Acara pada hari keenam, 12 Agustus 2014
Pada hari keenam, delegasi kembali mengikuti team missions. Pada misi kali ini merupakan mengunjungi pasar tradisional di pulau Jeju. Setelah mengikuti team mission, delegasi dibawa ke Hamdeok Beach untuk melakukan aktivitas bebas di tempat tersebut. Hamdeok Beach merupakan salah satu tempat terkenal di Jeju karena keindahan pantainya dan tarikan wisata utama untuk turis asing. Pada malam hari delegasi kembali melakukan persiapan latihan untuk K-pop Summer Concert.
Acara pada hari ketujuh, 13 Agustus 2014
Hari ketujuh delegasi mengunjungi Jeju Folk Village dan Ilchulland untuk melakukan aktivitas dying experience yaitu mewarnai kain dengan corak tertentu. Kemudian delegasi dibawa mengunjungi Seongsan Ilchulbong untuk mendaki. Seongsan Ilchulbong merupakan tempat wisata yang diakui UNESCO sebagai tempat wisata intarnasional yang perlu dilestarikan karena keindahan tempatnya.
Acara pada hari kedelapan, 14 Agustus 2014
Pada hari kedelapan, delegasi melakukan gladi bersih untuk persiapan K-pop Summer Concert dan pada sore hari dilakukan Asian Traditional Food Festival untuk mengenalkan makanan tradisional dari negara masing-masing. Pada kesempatan ini delegasi dari Indonesia membuat nasi tumpeng dan menyediakan lauk seperti rendang, kering tempe, ayam goreng dan sambal terasi. Pada malam hari diadakan Asian Youths’ Cultural Exchange International Night.
Acara pada hari kesembilan, 15 Agustus 2014
Pada hari kesembilan, delegasi berpindah dari Jeju Island ke Seoul untuk melakukan rangkaian aktivitas berikutnya. Di Seoul, delegasi tinggal di International Youth Center yang berlokasi di Banghwa. Pada malam hari delegasi kembali malakukan persiapan latihan untuk Kpop Summer Concert.
Acara pada hari kesepuluh, 16 Agustus 2014
Hari kesepuluh merupakan puncak persiapan Kpop Summer Concert karena pada hari ini delegasi menampilkan pertunjukan mereka yang bertempat di APM Mall Ehwa Woman University. Pada kesempatan tersebut, delegasi menampilkan dance, sing dan performance seperti taekwondo, samulnori dan nanta. Setelah konser selesai, delegasi mendapatkan free time untuk mengunjungi Seoul dan tempat wisata lain secara individu maupun berkelompok.
Acara pada hari kesebelas, 17 Agustus 2014
Pada hari kesebelas, delegasi kembali melakukan aktivitas team mission. Kali ini delegasi mengunjungi tempat wisata di seoul seperti Gwanghwamun, Insadong, Dongdaemun dan sebagainya.
Acara pada hari keduabelas, 18 Agustus 2014
Pada hari ketigabelas delegasi diberikan kesempatan dengan free time untuk mengunjungi tempat wisata di Seoul
Acara pada hari ketigabelas, 19 Agustus 2014
Pada hari ketigabelas merupakan hari terakhir di Seoul dan delegasi pulang ke negara masing-masing dengan menaiki pesawat di Incheon International Airport.


     Saat melakukan mission team



Berikut merupakan video sepanjang acara berlangsung:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar