Sabtu, 08 November 2014

Apa yang harus dipakai saat musim dingin?

Jauh sebelum mendaftar program-program yang bertujuan ke luar negeri pada saat musim dingin, pastikan bahwa fisik kalian cukup kuat untuk menahan udara dingin atau bahkan ekstrim. Tanyakan pada diri sendiri: “seberapa kuat saya menahan cuaca/udara dingin?”. Bagi yang tidak terbiasa dengan udara dingin, bisa jadi kegiatan belajar di luar negeri yang seharusnya menyenangkan malah jadi bencana karena jatuh sakit dan sebagainya. Oleh sebab itu dalam setiap aplikasi program exchange dan sebagainya selalu ada syarat untuk menyertakan surat kesehatan yang menyatakan kondisi dan riwayat kesehatan kita.

Bagi kita-kita penduduk tropis, tinggal di negara empat musim bisa jadi sedikit merepotkan karena adanya perbedaan musim dan cuaca. Setelah persiapan dokumen beres kemudian obat-obatan yang diperlukan sudah ada, perencanaan selanjutnya adalah packing baju. Saat menyiapkan perlengkapan baju akan timbul pertanyaan-pertanyaan seperti: “Apa yang harus saya bawa ya?”, “Jenis pakaian apa saja untuk musim dingin?”, “Berapa harga baju-baju musim dingin?”. Nah pada artikel kali ini saya akan secara khusus membahas bagaimana kita bisa survive saat musim dingin dengan memakai winter outfit.

Sebagai penduduk negara tropis yang hanya terbiasa dengan suhu antara 26-30an derajat celcius, kita akan sedikit kaget dengan ekstrimnya udara dingin di luar negeri yang bisa mencapai suhu di bawah 0 derajat. Perlengkapan musim dingin, yang dalam tulisan ini saya sebut sebagai winter outfit, bukan hanya baju yang bisa menghangatkan tubuh kita namun juga aksesoris-aksesoris pendukung lainnya. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni membawa winter outfit sejak berangkat atau membeli setelah tiba di negara tujuan.

Membawa winter outfit sejak berangkat
Keuntungan membawa winter outfit sejak berangkat dari Indonesia adalah kamu bisa lebih berhemat. Harga rata-rata jaket musim dingin adalah kurang lebih 500.000 rupiah, nah kalau kamu bisa pinjam beberapa outfit milik saudara atau teman tentunya kamu bisa menyisihkan beberapa ratus ribu rupiah, lumayan kan?
Namun karena rata-rata winter outfit itu berat dan lumayan memakan ruang di koper kita, pastikan kalau berat koper kita tidak melebihi batas berat bagasi ya.

Membeli winter outfit dingin di negara tujuan
Keuntungan dari cara ini adalah kamu tidak perlu bawa koper berat berat ketika berangkat, kamu juga bisa mengisi koper dengan makanan-makanan Indonesia sebagai persediaan kalau kangen makanan Indonesia. Selain itu, barang yang kamu beli di negara tujuan bisa jadi kenang-kenangan dan berguna kalau kamu mau ke luar negeri lagi, hihi.
Nah karena sejak awal kamu tidak membawa winter outfit sama sekali, tentunya kamu harus mempersiapkan budget yang akan diperlukan untuk berbelanja winter outfit donk.

Lalu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan saat musim dingin?

1.     Jaket Musim Dingin
Winter jacket is a must! Ada yang berbahan licin dan menggembung karena berisi bulu angsa namun ringan. Ada pula yang berbahan wool namun lebih berat dan biasanya lebih mahal.


*estimasi harga jaket musim dingin adalah mulai dari 500.000 rupiah

2.     Long johns
Long Johns ini mirip pakaian senam yang terdiri dari atasan dan bawahan (seperti legging) yang digunakan setelah kita memakai pakaian dalam. Fungsinya adalah untuk menahan panas tubuh kita supaya kita tetap merasa hangat saat udara dingin. Saya pribadi tidak sempat membeli long johns karena merasa cukup dengan kaos dan jaket winter untuk dipakai sehari-hari, namun ketika pergi ke pegunungan bersalju saya cukup tersiksa “hanya” dengan sweater+jaket winter pribadi+jaket winter dari persewaan ski, saya cuma bisa mewek liatin temen-temen perempuan yang terlihat lebih tahan udara dingin karena mereka memakai long johns, hiks.

*estimasi harga long johns satu set (atasan+bawahan) sekitar 400.000 rupiah

3.     Syal / scarf
Leher adalah bagian tubuh yang juga perlu dilindungi dari udara dingin. Syal berbahan wool adalah yang terbaik. Selain untuk melindungi leher, syal yang panjang sehingga bisa membumbung tinggi ketika dililitkan di leher juga dapat melindungi bibir kita dari terpaan udara dingin.


*estimasi harga syal dengan berbagai jenis dan ukuran: 50.000-150.000 rupiah

4.     Beannie
Beannie atau yang lebih dikenal dengan sebutan kupluk di Indonesia berfungsi untuk melindungi kepala dan telinga. Beannie yang dijual di Indonesia tentunya berbeda material dengan yang dijual di luar negeri untuk musim dingin. Buat saya pribadi, beannie adalah aksesoris favorit karena praktis.

*estimasi harga beannie dengan berbagai model: 100.000-200.000 rupiah

5.     Earmuff
Earmuff berbentuk seperti headphone yang dipakai untuk melindungi telinga kita.

*estimasi harga earmuff dengan berbagai model: 100.000-200.000 rupiah

6.     Gloves
Berdasarkan pengalaman, tangan saya cukup mudah membeku dan kaku saat musim dingin. Jadi sarung tangan atau gloves merupakan aksesoris yang sangat penting untuk menghindari ‘mati rasa’ di tangan akibat kedinginan.


*estimasi harga gloves berbagai jenis: 100.000-200.000 rupiah

7.     Boots
Dulu saya pikir saya nggak butuh boots, tapi lama-lama kok dingin pakai sepatu sneakers. Jadinya saya beli boots deh, ternyata memang boots ini useful banget. Pokoknya kalau musim dingin apalagi bersalju sebaiknya hindari sneakers karena bahan sneakers biasanya ‘berpori’ dan malah bikin kaki basah. Sewaktu membeli boots juga perhatikan solnya ya, pilihlah sol yang bergerigi karena salju itu licin sekali jadi berjalan di atasnya rawan terpeleset.

*estimasi harga sepatu boots kurang lebih 500.000 rupiah


Estimasi harga barang-barang di atas adalah harga rata-rata ya. Tentu beda bahan, beda tempat membeli, dan beda merek akan membedakan harga juga. Ada yang lebih murah, ada yang lebih mahal.
Kalau harga barang-barang tadi dijumlah semua rasanya winter outfit itu mahallll sekali. Tapi tenang, saya akan memberikan tips berhemat berdasarkan pengalaman saya:

TIPS BERHEMAT:

1.     Sempatkan waktu untuk window shopping
Ingat, window shopping bukan berarti harus membeli. Ketika ada waktu luang untuk jalan-jalan, coba deh mampir di pusat perbelanjaan. Pada waktu-waktu tertentu biasanya beberapa toko akan menggelar SALE. Ini nih yang paling ditunggu-tunggu. Program sale atau diskon ini kadang-kadang bisa sampai 50%, bener-bener bisa menghemat dompet kita! Saya sendiri tidak mempersiapkan winter outfit sejak awal sama sekali, jadi ketika melihat papan diskon yang tertampang di depan toko itu rasanya seperti menemukan harta karun, hihihi.

2.     Perhatikan, ingat-ingat, dan bandingkan
Konon katanya ibu-ibu lebih memilih berbelanja di warung yang jauh namun hemat beberapa ratus rupiah daripada di warung yang dekat namun lebih mahal. Nah apalagi kita-kita sebagai mahasiswa, dengan keterbatasan finansial kita harus cerdas memilih dan memilah barang. Jangan malas untuk mengecek dan membandingkan harga barang dari satu toko ke toko lainnya. Saya pernah membeli sebuah celana, karena malas mengecek toko lain dan menganggap barang di toko lain harganya sama karena berada di satu area shopping center, saya belilah celana tersebut. Beberapa hari berikutnya saya mengunjungi toko yang berbeda di shopping center yang sama dan melihat celana serupa yang saya beli sebelumnya dengan harga 3 kali lipat lebih murah. Nyesek!

3.     Membeli sesuai kondisi saat itu
Perlu juga menanyakan kepada orang yang lebih tahu tentang karakter cuaca tempat dimana kamu tinggal. Misalnya di Korea Selatan kota Busan jarang bersalju saat musim dingin maka kamu mungkin tidak perlu membeli semua winter outfit yang disebutkan di atas, sebaliknya kota Gangneung relatif lebih dingin dan memiliki potensi badai salju sehingga kamu perlu mempersiapkan berbagai winter outfit apalagi kalau kamu senang melakukan aktivitas outdoor, ada baiknya kamu lebih aware dengan apa yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh.

4.     Select some items only
Kalau kamu merasa kuat dan tahan dingin atau males ribet memakai berbagai “printilan” winter outfit atau ingin berhemat, maka kamu bisa membeli salah satu saja di antara beberapa barang dengan fungsi yang sama. Misalnya: membeli beannie saja karena merasa fungsi earmuff sebagai pelindung telinga sudah tergantikan oleh beannie, atau membeli earmuff saja karena merasa kepala sudah terlindungi oleh hoodie jaket. Bisa juga memakai berlapis-lapis baju daripada membeli long johns.

5.     Pinjam
Sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan bahwa ini adalah cara paling hemat.

Begitulah artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ini dapat memberi pencerahan dari segi budget dan informasi bagi teman-teman sekalian yang masih galau tentang persiapan packing ke luar negeri saat musim dingin. Good luck!


Photo credit:


1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI ERLANGGA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI ERLANGGA
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI ERLANGGA Di Tlp 085-298-609-998
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI ERLANGGA pasti akan di bantu Oleh Beliau
    UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI

    http://pesugihanbngp99.blogspot.co.id/

    BalasHapus